Beranda > Uncategorized > Mengaktifkan Windows DreamScene Pada Windows 7

Mengaktifkan Windows DreamScene Pada Windows 7

Windows DreamScene merupakan salah satu fitur pada Windows Vista yang memungkinkan penggunanya dapat menggunakan video untuk tampilan desktop-nya. Sayangnya pada Windows 7, fitur ini ditiadakan tanpa alasan yang jelas dan keberadaannya digantikan oleh Desktop Slideshow yang memiliki kemampuan untuk merotasi wallpaper pada desktop. Padahal menurut saya, Windows DreamScene merupakan salah satu fitur terbaik pada Windows yang berbasis Windows Aero. Tapi jangan khawatir, dengan sedikit hack sederhana, kita bisa menikmati Windows DreamScene pada Windows 7.
Cara yang digunakan untuk mengaktifkan Windows DreamScene pada Windows 7 ini serupa dengan cara yang digunakan pada Windows Vista non-Ultimate. Hack Windows DreamScene ini telah dikemas dalam bentuk file *.exe yang secara otomatis akan menambahkan berkas-berkas Windows DreamScene beserta registry key yang diperlukan.
Sebelumnya aktifkan Windows Aero karena Windows DreamScene hanya dapat bekerja saat Windows Aero diaktifkan. Kemudian klik salah satu link download di bawah ini sesuai dengan kebutuhan dan spesifikasi komputer Anda.

Prosedur instalasi Windows DreamScene
Bagi pengguna Windows 7 32-Bit, jalankan Windows7-DreamScene.exe yang telah di-download sebelumnya dalam modus administrator. Caranya klik kanan file-nya kemudian klik Run as administrator. File executable itu akan meng-copy DreamScene.dll ke %windir%\System32\ dan DreamScene.dll.mui ke %windir%\System32\en-US\ serta menambahkan beberapa registry key yang diperlukan. Kemudian Windows Explorer akan di-restart dengan sendirinya dan dalam sekejap Windows DreamScene siap untuk digunakan.
Bagi penggguna Windows 7 64-Bit, ekstrak DreamScene_Win7_x64.zip di mana saja. Copy DreamScene.dll ke %windir%\System32\ dan DreamScene.dll.mui ke %windir%\System32\en-US\. Setelah itu, jalankan Dscene.reg untuk menambahkan beberapa registry key yang diperlukan. Kemudian restart-lah Windows Explorer atau sekalian dengan komputer Anda agar proses instalasi berjalan dengan sukses.
Sebuah folder bernama Windows DreamScene pada %windir%\Web\ akan terbentuk. Folder ini berfungsi untuk menampung video-video yang akan digunakan untuk tampilan desktop. Pada Windows Vista, folder ini terhubung langsung dengan Personalization pada Control Panel sehingga pengguna Windows Vista dapat memilih video yang diinginkan melalui Personalization pada Control Panel. Sementara pada Windows 7, folder ini kurang berguna karena sama sekali tidak terhubung dengan Personalization pada Control Panel.
Penggunaan Windows DreamScene
Setelah semua proses instalasi berjalan dengan sukses, sekarang saatnya memilih dan menentukan video apa yang akan dijadikan background. Windows DreamScene hanya mendukung 2 jenis format video, yaitu *.mpg dan *.wmv. Cara menerapkan video sebagai tampilan desktop adalah dengan cara mengeklik kanan video yang diinginkan kemudian klik Set as Desktop Background.
Walaupun seperti yang telah dijelaskan tadi bahwa file video tidak akan terlihat dalam Personalization pada Control Panel, beberapa fitur umum Windows DreamScene seperti Play DreamScene ataupun Pause DreamScene pada context menu masih dapat digunakan. Penggunaan audio pada video pun masih dapat difungsikan dengan baik.
Memperbaiki bug Windows DreamScene pada Windows 7
Bagi pengguna Windows 7 yang telah meng-install Windows DreamScene mungkin akan mengalami masalah pada ikon desktop-nya. Teks pada ikon desktop kemungkinan akan menjadi berwarna hitam atau transparan. Untuk memperbaiki bug seperti itu, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Klik kanan pada desktop kemudian klik Personalize
  2. Ganti tema menjadi Windows 7 Aero Theme untuk menerapkan wallpaper asli pada desktop
  3. Terapkan lagi salah satu file video untuk dijadikan sebagai background

Atau cobalah metode alternatif berikut ini.

  1. Klik kanan pada desktop kemudian klik Personalize
  2. Pilih Desktop Background yang terdapat pada bagian bawah
  3. Pada menu dropdown Picture Position, pilihlah Fill
  4. Klik Save changes
  5. Terapkan lagi salah satu file video untuk dijadikan sebagai background

Meng-uninstall Windows DreamScene
Bila setelah mencoba Windows DreamScene pada Windows 7 hasilnya kurang memuaskan, Anda dapat meng-uninstall Windows DreamScene tanpa harus repot-repot untuk meng-install ulang Windows 7 Anda. Caranya pun sangat mudah. Cukup download dan jalankan file registry bernama  Uninstall-DreamScene.reg yang berfungsi untuk menghapus semua file registry yang berkaitan dengan Windows DreamScene. Tetapi untuk file yang bernama DreamScene.dll dalam %windir%\System32\ dan DreamScene.dll.mui dalam %windir%\System32\en-US\, harus dilakukan penghapusan manual. Bila Anda mengalami kesulitan dalam penghapusan kedua file tersebut, gunakanlah Unlocker atau hapuslah kedua file tersebut saat berada dala safe mode. Setelah semua prosedur telah dijalankan dengan benar, restart-lah komputer Anda dan lihatlah Windows DreamScene telah lenyap dari Windows 7 Anda

Kategori:Uncategorized
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: